Rabu, 1 Februari 2023

Contoh Surat Lamaran Kerja Beserta Serba Serbi di Dalamnya

Melamar pekerjaan merupakan proses yang harus dilalui untuk mendapatkan pekerjaan. Apa pun jenis pekerjaannya tentu setiap orang harus melihat bagaimana contoh surat lamaran kerja dan membuatnya. Proses pembuatan inilah yang begitu penting karena dari surat lamaran kerja dapat menentukan bagaimana nasib Anda pada suatu pekerjaan.

Pembuatan surat lamaran kerja tak bisa dilakukan dengan asal. Ada beberapa unsur yang harus dicantumkan dan tidak boleh dicantumkan. Pencantuman ini akan sangat menentukan ketertarikan tim recruiter terhadap personal seorang kandidat. Untuk itu penting mengetahui bagaimana tips untuk membuat surat lamaran kerja dengan baik.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Baik dan Benar

Sebelum memulai pembuatan akan lebih baik jika Anda mengetahui bagaimana tips dan contoh surat lamaran kerja yang baik. Hal ini akan membantu Anda untuk membuat yang sesuai dengan aturan. Berikut merupakan tips yang bisa digunakan dalam membuat surat lamaran kerja:

Pahami Kesan Individual

Tips pertama yang harus digunakan sebelum membuat surat lamaran kerja adalah masalah kesan individual. Kesan ini merupakan kesan yang diberikan oleh penulis kepada penerima surat, dalam hal ini adalah perusahaan. Pastikan jika perusahaan yang ditulis sesuai dengan perusahaan yang Anda tuju baik dari segi penulisan atau dari pengejaan.

Anda juga harus mencantumkan nama orang terkait hal tersebut. Dalam hal ini biasanya Anda harus mencantumkan salah satu nama yang memiliki jabatan penting dalam suatu perusahaan. Pastikan penulisan nama tersebut sudah benar lengkap dengan gelar yang dimiliki.

Contohnya jika Anda membuat surat lamaran untuk perempuan maka Anda bisa menambahkan awalan Ms di depannya. Cara ini akan lebih sopan dan terlihat profesional sehingga recruiter akan melihat Anda sebagai orang yang teliti, taat aturan dan juga menjunjung tinggi profesionalitas.

Buat dengan Singkat dan Padat

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan dalam membuat surat lamaran kerja adalah buat dengan singkat dan padat, jangan bertele-tele. Seperti diketahui bertele-tele merupakan budaya masyarakat dalam hal apa pun. Namun untuk surat lamaran kerja Anda tak boleh melakukan hal tersebut.

Tuliskan informasi di dalam surat lamaran kerja secara singkat dan padat. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan sesuai dengan ejaan dalam Bahasa Indonesia. Akan lebih aman jika Anda menggunakan kata-kata yang biasa digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Jangan menggunakan kata-kata yang sulit dimengerti. Dalam hal ini Anda tak perlu berusaha untuk membuat pembaca terkesan dengan apa yang Anda tuliskan menggunakan kata-kata yang sulit. Pastikan jika surat lamaran yang Anda buat hanya memuat satu lembar atau satu halaman saja.

Seperti yang diketahui jika perusahaan tidak hanya menerima surat lamaran dari Anda seorang namun dari belasan atau bahkan ratusan kandidat yang mencari posisi yang sama. Untuk itu penting membuat surat lamaran kerja yang efektif agar mudah dibaca oleh HRD.

Pastikan Pembuatannya Rapi dan Bersih

Kerapian dan kebersihan merupakan hal lain yang akan menambah nilai kandidat di mata HRD. Terlebih saat ini telah tersedia teknologi yang akan memudahkan setiap proses Anda yaitu komputer.

Anda bisa menggunakan komputer dalam pembuatan surat lamaran sehingga surat yang dihasilkan akan bersih dan juga rapi. Komputer juga dapat menjadi solusi terbaik jika Anda tak percaya diri dengan tulisan tangan sendiri. Mengingat tak semua tulisan tangan mudah dibaca dan dimengerti oleh orang.

Format Penulisan Baik dan Benar

Saat ini banyak beredar contoh surat lamaran kerja dimana-mana. Namun, sebelum menggunakan contoh tersebut alangkah lebih baik jika Anda membaca dengan detail serta memahami apakah telah sesuai kaidah atau tidak.

Banyak kesalahan para pelamar terkait tulisan hanya karena menggunakan contoh yang tidak benar. Kesalahan tersebut yakni penulisan yang tak sesuai dengan EYD dan menggunakan pilihan kata yang tidak semestinya.

Saat ini telah tersedia platform online yang akan memudahkan Anda saat mencari pekerjaan. Sebut saja seperti LinkedIn yang di dalamnya juga terdapat banyak jenis surat lamaran kerja.

Contoh tersebut dapat menjadi referensi Anda saat membuat surat lamaran namun harus dipastikan sesuai permintaan perusahaan. Mengingat ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pembuatan surat lamaran menggunakan format tertentu sehingga tidak bisa asal membuat dan copy paste.

Hindari Typo atau Coretan

Kesalahan lain yang banyak dilakukan oleh pelamar pekerjaan namun jarang disadari adalah kesalahan dalam penulisan atau typo. Typo ini sangat berpengaruh terhadap penilaian yang akan diberikan oleh perusahaan.

Bagaimana tidak, melalui tulisan dapat diketahui karakter seseorang untuk parameter ketelitian dan kehati-hatian. Jika memiliki typo atau coretan maka akan dinilai negatif oleh tim HRD. Bahkan kesalahan kecil ini dapat membuat Anda dinilai sebagai pribadi yang tidak disiplin, tidak dapat bekerja dengan benar serta berantakan dalam mengerjakan segala sesuatu.

Gunakan Bahasa yang Jelas dan Simpel

Tips lain yang harus diperhatikan saat menulis lamaran kerja adalah menggunakan bahasa yang jelas dan simpel. Dalam hal ini Anda tidak boleh menunjukkan sisi ambisius tentang diri Anda. Sebaliknya sebisa mungkin Anda harus menampilkan sikap yang elegan terkait diri Anda.

Dalam menuliskannya gunakan bahasa dan juga kalimat yang to the point, jelas, dapat dipahami, serta dapat dibaca dengan mudah oleh pembaca. Jelaskan secara singkat mengenai diri sendiri sesuai dengan posisi dan pekerjaan yang akan dilamar.

Jangan Mencomot Tulisan Dari Internet

Satu hal yang berbahaya namun jarang disadari oleh pelamar kerja adalah mencomot tulisan dari internet. Copy paste dari tulisan di internet memang begitu mudah dan menyediakan solusi instan atas permasalahan Anda.

Namun hal tersebut sangat tidak disarankan karena apabila ketahuan maka akan berakibat fatal. Selain itu, surat lamaran kerja berisikan informasi Anda pribadi sehingga akan lebih tepat jika dituliskan sendiri tanpa bantuan orang lain mengingat Anda adalah orang yang memahami diri sendiri.

Sebagai gantinya Anda dapat menjadikan contoh surat lamaran kerja hanya sebagai referensi penulisan Anda. sisanya dapat melakukan parafrasa tulisan jika memang bagian tersebut dibutuhkan namun jangan sampai menjiplaknya,

Jelaskan Mengenai Kelebihan Anda

Salah satu bagian yang tak boleh dilewatkan dalam pembuatan surat lamaran adalah menjelaskan mengenai kelebihan. Beberapa orang mungkin akan merasa bingung saat menuliskan kelebihan yang dimiliki entah karena rendah diri atau memang kurang percaya diri. Hal ini sangat mungkin terjadi jika Anda telah mengalami penolakan lamaran kerja berkali-kali.

Penolakan berkali-kali tersebut membuat seseorang tak memiliki rasa percaya diri karena takut dibilang sombong atau justru merasa tak memiliki kemampuan apa pun. Gejala tersebut disebut sebagai imposter syndrome dan sangat berbahaya bagi Anda yang akan melamar pekerjaan.

Dalam menulis lamaran pekerjaan Anda harus menghilangkan ketakutan tersebut dan memastikan jika memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi untuk dapat menjelaskan berbagai macam kelebihan diri. Khususnya pada posisi pekerjaan yang dilamar.

Akan lebih baik lagi jika kemampuan yang Anda tuliskan tersebut memiliki data dukung berupa sertifikat sebagai bukti kemampuan tersebut.

Lakukan Simulasi Interview Kerja

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menuliskan lamaran kerja adalah dengan melakukan simulasi interview kerja. Hal ini bertujuan untuk membuat tulisan yang Anda buat real sesuai keperluan saat interview. Caranya dapat dilakukan dengan mencari sebanyak-banyaknya proses interview kerja yang dilakukan oleh orang.

Dengan begitu Anda dapat mengetahui sebetulnya hal-hal apa saja si yang sering ditanyakan saat interview. Informasi penting inilah yang kemudian harus Anda tuangkan pada surat lamaran tersebut. Tentunya akan memudahkan Anda bukan saat harus menuliskan poin-poin penting terkait diri sendiri.

Poin-poin penting ini secara keseluruhan berisikan informasi mengenai kelebihan yang Anda miliki. Selain itu Anda bisa menambahkan mengenai keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan jika memilih Anda sebagai bagian dari timnya.

Ketahui dengan Pasti Bagaimana Mendapatkan Pekerjaan

Sebelum menulis lamaran kerja Anda juga harus mengetahui mengenai bagaimana cara yang bisa digunakan untuk memperoleh lamaran pekerjaan. Hal ini berkaitan dengan tata aturan suatu perusahaan yang pasti akan berbeda antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lainnya.

Dalam lamaran kerja inilah Anda bisa menuliskan mengenai apa kepribadian yang dimiliki, kelebihan, serta kekurangan yang dimiliki. Cantumkan juga mengenai kedisiplinan, ketaatan terhadap aturan, kerapian, dan beberapa nilai penting yang Anda junjung.

Sebelum menuliskannya Anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai value yang dimiliki oleh perusahaan. Pasalnya perusahaan hanya akan mencari kandidat yang memiliki nilai sama dengan perusahaan mereka. Oleh karena itu penting mengetahui bagaimana nilai yang dimiliki oleh suatu perusahaan sebelum menuliskan lamaran kerja.

Setelah mengetahui tips-tips yang dibutuhkan saat membuat surat lamaran kerja maka hal yang dibutuhkan lainnya adalah mengenal bagian-bagian lamaran kerja. Informasi ini akan membantu Anda dalam menemukan apa saja yang harusnya Anda tulis lengkap dengan unsur-unsur dalam contoh surat lamaran kerja.

Bagian Penting Dalam Contoh Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja sendiri merupakan surat yang terdiri atas bagian-bagian yang saling melengkapi. Unsur-unsur ini tidak boleh dihilangkan karena ketiadaan satu unsur dapat menyebabkan pembaca kurang memahami isinya. Berikut merupakan bagian-bagian yang harus ada dalam contoh surat lamaran kerja:

Bagian Tanggal Pembuatan Surat

Bagian pertama yang wajib ada adalah tanggal pembuatan surat. Tanggal ini berisikan informasi mengenai tempat dan juga tanggal pembuatan surat lamaran kerja. Penulisan tanggal tidak boleh dilakukan asal namun harus antara rentang 1-3 hari sebelum waktu pengiriman surat lamaran.

Hal ini terlihat sepele namun banyak orang yang salah dalam menuliskan tanggal atau bahkan tidak mengganti tanggal di surat sebelumnya. Penulisan tanggal yang tepat pada surat lamaran akan membuat Anda memiliki kesan yang profesional di mata recruiter. Untuk penulisan tanggal sendiri bisa diletakan di bagian kanan pada lembar lamaran kerja.

Bagian Alamat Penunjukan

Bagian lain yang juga harus diperhatikan saat akan melihat contoh surat lamaran kerja adalah alamat penunjukan. Alamat ini harus ditulis dengan jelas dan sesuai dengan kondisi yang ada. Unsur yang ditulis adalah nama pimpinan perusahaan beserta dengan alamat lengkap perusahaan tersebut.

Tuliskan nama pimpinan dengan detail beserta gelarnya namun jika Anda tak mengetahui maka Anda dapat menggunakan Tim Rekrutmen PT…. sebagai gantinya. Mengenai alamat perusahaan Anda dapat mencari informasi melalui internet karena saat ini rasanya semua perusahaan telah mencantumkan informasinya di internet.

Bagian Pembuka Surat Lamaran Kerja

Setelah menuliskan bagian-bagian di atas dengan lengkap sebagaimana contoh surat lamaran kerja maka Anda bisa beranjak pada bagian pembuka surat lamaran. Bagian pembuka berisikan mengenai maksud dan tujuan Anda menuliskan surat lamaran kerja.

Tuliskan juga mengenai sumber informasi lowongan kerja tersebut beserta dengan posisi apa yang hendak Anda lamar. Hal ini akan memberikan sedikit informasi kepada tim HRD mengenai latar belakang Anda melamar posisi tersebut.

Bagian Isi dan Deskripsi

Pada bagian selanjutnya yang wajib ada dalam surat lamaran kerja adalah bagian isi dan deskripsi. Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting karena akan menjual mengenai diri Anda. Anda dapat melihat contoh surat lamaran kerja jika masih bingung mengenai bagaimana harusnya kelebihan dicantumkan.

Bagian isi berisikan deskripsi secara singkat mengenai diri Anda dan institusi dari mana Anda berasal. Tuliskan juga mengenai IPK atau nilai yang Anda miliki. Sebagai tambahan Anda dapat menuliskan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki secara singkat.

Penulisan pada bagian isi harus singkat dan tak boleh berlebihan. Pasalnya penulisan yang terlalu berlebihan akan mendapatkan penilaian jika Anda merupakan pribadi yang kerap membanggakan diri. Cukup tuliskan 2 saja prestasi yang paling berpengaruh pada diri Anda dan atau tuliskan mengenai 2 posisi terakhir yang pernah Anda jabat dalam suatu perusahaan.

Bagian isi ini merupakan bagian yang dapat meyakinkan tim recruiter untuk memilih Anda bergabung dengan perusahaan mereka. Oleh karena itu, pemilihan kata dan jenis informasi yang harus dicantumkan juga harus dipilih secara matang.

Bagian Penutup

Bagian penutup merupakan bagian yang berisikan kesimpulan mengenai apa saja yang telah Anda tuliskan sebelumnya. Pada bagian ini Anda dapat menuliskan ucapan terima kasih serta pemberian tekanan mengenai harapan untuk mendapatkan feedback dari perusahaan. Namun Anda harus tetap menuliskannya dengan sopan untuk tetap nyaman dibaca oleh tim HRD.

Pada bagian akhir kalimat Anda dapat menuliskan kalimat yang akan menggambarkan mengenai ketertarikan diri Anda untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Tuliskan juga minat besar Anda agar dapat diterima pada perusahaan tersebut.

Bagian Pengirim

Pada bagian terakhir dalam pembuatan surat lamaran kerja sebagaimana yang ada dalam contoh surat lamaran kerja adalah bagian pengirim. Bagian ini berisikan informasi mengenai identitas penulis berupa nama, alamat, alamat email, nomor telepon yang dapat dihubungi serta informasi lain.

Meskipun informasi tersebut sudah dicantumkan dalam CV namun tak ada salahnya jika tetap menuliskan pada bagian penutup. Hal ini akan memudahkan tim HRD untuk meliat mengenai ringkasan informasi diri Anda sehingga nantinya jika akan dihubungi perusahaan tak susah dalam menemukan informasi tentang diri Anda.

Membuat Surat Lamaran dengan Ketik atau Tulis Tangan?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para pelamar kerja khususnya para fresh graduated atau yang baru saja lulus dari jenjang pendidikan. Penulisan surat lamaran kerja dapat menggunakan dua metode sesuai dengan permintaan perusahaan sebagaimana contoh surat lamaran kerja.

Ada beberapa perusahaan yang biasanya akan menuliskan langsung mengenai bagaimana surat lamaran kerja hendaknya dibuat. Jika demikian berarti Anda harus mengikuti ketentuan tersebut. Pasalnya hal ini akan menjadi screening pertama yang dilalui jika tak sesuai ketentuan maka nama Anda akan dicoret begitu saja.

Namun jika suatu perusahaan tak menuliskan mengenai ketentuan tersebut maka Anda diperbolehkan memilih antara keduanya. Pilih mana saja yang membuat Anda lebih nyaman, lebih mudah dan lebih percaya diri. Pasalnya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Penulisan Surat Lamaran Kerja dengan Tangan

Jika Anda menuliskan surat lamaran dengan tangan maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Berdasarkan ilmu graphology dan juga psikologi tulisan tangan seseorang dapat menunjukkan mengenai kepribadian atau karakter yang dimiliki orang tersebut. Tak heran jika ada beberapa instansi yang justru masih membuat syarat surat lamaran kerja tulis tangan di era kecanggihan teknologi seperti saat ini.

Penulisan dengan tangan tersebut akan menguntungkan instansi karena mereka dapat lebih mudah mengenal karakter dan kepribadian calon pelamar. Dengan begitu perusahaan dapat mencari pelamar yang sesuai dengan kandidat yang selama ini sedang dicari. Tak hanya itu, penulisan dengan tangan ini nantinya akan memudahkan tim recruiter saat wawancara karena hanya tinggal melakukan konfirmasi mengenai kepribadian calon pelamar.

Kelebihan Menulis Surat Lamaran dengan Komputer

Era kecanggihan seperti saat ini memang telah menyediakan berbagai macam kemudahan bagi setiap orang. Salah satunya adalah menuliskan surat lamaran kerja menggunakan komputer. Bagaimana tidak saat ini banyak perusahaan yang justru menerima surat lamaran kerja yang ditulis atau diketik menggunakan komputer.

Penulisan surat menggunakan komputer ini akan membuat surat lamaran menjadi lebih rapi dan mudah dibaca oleh tim HRD. Sebaiknya gunakanlah ukuran font standar seperti Times New Roman dan juga Arial. Hal tersebut bertujuan untuk membuat kesan formal pada surat lamaran.

Gunakan juga bahasa yang formal dan juga efektif tanpa adanya penguangan kata-kata yang tidak jelas. Mengingat suat lamaran kerja ini dibuat dengan singkat, padat dan juga penuh akan informasi. Hindari juga penggunaan salah-salah kata saat menuliskan surat lamaran.

Jika Anda memilih penulisan menggunakan tulisan tangan maka harus dipastikan jika tulisan tersebut rapi untuk dapat dibaca dengan mudah oleh tim HRD. Usahakan juga menggunakan tinta berwarna hitam untuk memberikan kesan profesional dan formal. Untuk itu Anda dapat melihat bagaimana contoh surat lamaran kerja agar tak bingung saat membuatnya.

Selain perihal penulisan diketik atau tulis tangan ternyata ada hal lain yang lebih penting yaitu bagaimana caranya membuat surat lamaran kerja dilirik oleh tim HRD. Hal ini nantinya akan membuka peluang Anda untuk dapat sampai di tahapan wawancara.

Selain itu ternyata surat lamaran kerja tak hanya berupa satu lembar surat biasa. Pasalnya ada beberapa lampiran yang juga harus diketahui untuk membuat surat lamaran kerja. Lampiran ini diperlukan sebagai pelengkap surat lamaran kerja.

Setiap perusahaan akan mempunyai persyaratan yang berbeda satu sama lain. Bagi pelamar yang ingin bekerja di perusahaan tersebut maka sangat wajib untuk memenuhi persyaratan yang diinformasikan oleh perusahaan dengan benar. Berikut merupakan dokumen pada contoh surat lamaran kerja yang dijadikan sebagai lampiran:

  • Fotokopi atau scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pas foto terbaru
  • Daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV)
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi beberapa sertifikat kursus atau keahlian yang pernah diikuti.

Selain itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pelamar saat membuat surat lamaran kerja. Hal ini bertujuan agar surat lamaran dapat diterima dengan baik oleh perusahaan sehingga surat lamaran akan mendapatkan perhatian. Berikut beberapa hal yang perlu Anda cantumkan dalam membuat surat lamaran yang menarik perusahaan:

  • Ditulis menggunakan bahasa yang baik dan benar
  • Menulis sendiri surat lamaran pekerjaan
  • Mempersiapkan syarat dan perlengkapan surat lamaran kerja
  • Ditulis menggunakan format yang rapi dan tak berantakan
  • Menjelaskan mengenai siapa diri pelamar
  • Memperhatikan tempat dan tanggal pembuatan surat
  • Penulisan nama perusahaan dengan benar
  • Menggunakan salam pembuka dan penutup
  • Melampirkan dokumen dengan benar
  • Mencantumkan tanda tangan dan juga nama terang

Berikut merupakan contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk membuat dengan baik dan benar:

Contoh Surat Lamaran Kerja Bersifat Umum

Jakarta, 10 Desember 2022

Kepada Yth.
HRD Bapak/Ibu Personalia
PT AAA
Jalan Mawar No 5

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:
Alamat dan tanggal lahir:
Nomor telepon:

Sehubungan dengan adanya lowongan pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja agar dapat bergabung di perusahaan Bapak/Ibu dengan posisi (sebutkan mengenai posisi yang Anda lamar).

Sebelumnya saya telah memilik pengalaman terkait di bidang tersebut (sebutkan posisi) selama beberapa tahun (sebutkan rentang waktu kerja Anda). Tak hanya itu, saya juga memiliki keahlian berupa (sebutkan 2 atau 3 kelebihan yang Anda miliki) dan berhasil meraih (tuliskan capaian atau prestasi yang dimiliki) atau sebutkan portofolio yang Anda buat.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan mengenai berkas-berkas sebagai berikut:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi Ijazah beserta transkrip nilai terakhir
  4. Fotokopi sertifikat
  5. Pas foto dengan ukuran 3 X 4

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

(nama terang dan tanda tangan pelamar)

Contoh Surat Lamaran Kerja via email

Jakarta, 10 Desember 2022

To: [email protected]
Cc: –
Subject: (posisi yang Anda lamar)/Surat Lamaran Kerja

Dengan Hormat,
Perkenalkan saya,

Nama:
Alamat dan tanggal lahir:
Nomor telepon:

Dengan surat lamaran kerja ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk dapat menempati bagian (sebutkan posisi yang Anda lamar). Untuk itu saya memiliki pengalaman di bagian terkait (sebutkan posisi) selama kurun waktu (berapa tahun) di perusahaan sebelumnya. Keahlian saya adalah (sebutkan keahlian yang dimiliki). Selain itu saya juga memiliki beberapa sertifikasi resmi terkait (tuliskan portofolio yang Anda miliki)

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan mengenai berkas-berkas sebagai berikut:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi Ijazah beserta transkrip nilai terakhir
  4. Fotokopi sertifikat
  5. Pas foto dengan ukiran 3 X 4

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, dengan lamaran ini kami berharap agar dapat bergabung dan diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih.

Hormat Saya

(Nama dan tanda tangan pelamar)

Berikut merupakan contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda gunakan untuk melara suatu posisi di perusahaan. Perhatikan semua hal yang terkait dengan lamaran kerja untuk dapat menghasilkan surat lamaran yang menarik dan dilirik oleh perusahaan. Untuk itu carilah referensi sebanyak-banyaknya dan lakukan modifikasi sesuai kebutuhan dan pengalaman yang Anda miliki.

Join Channel Telegram Surat-Lamaran.com agar tidak ketinggalan info lowongan kerja terbaru.
Join Grup Telegram

error: Content is protected !!