Contoh Rekon Faktual (Teks Cerita Ulang)

Sekedar memberikan informasi bagi kalian yang memang lupa ataupun benar-benar belum tahu, bahwa teks cerita ulang (recount/rekon) adalah materi pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11/XI. Di postingan kali ini kita akan membahasnya berkaitan dengan teks cerita ulang, jenis-jenis dari rekon teks cerita ulang, fungsi sosial, tujuan teks cerita ulang ataupun ciri-cirinya.

Mungkin kalian pernah mendapatkan tugas untuk maju kedepan kelas ketika pelajaran Bahasa Indonesia dan disuruh untuk menceritakan kembali pengalaman waktu liburan, nah hal-hal yang kalian lakukan tersebut adalah teks cerita ulang alias recount teks.

Teks cerita ulang adalah teks yang isinya adalah menceritakan kembali suatu kejadian atau peristiwa di masa lalu, dengan tujuan untuk memberikan informasi ataupun dengan tujuan menghibur para pembaca dan pendengar.

Sebagaimana judulnya adalah contoh rekon faktual (teks cerita ulang) maka di halaman ini kami akan memberikan contoh dari rekon faktual alias teks cerita ulang bagi kalian yang memang bertujuan untuk mencari tahu contoh rekon faktual entah itu karena tugas dari sekolah, kampus ataupun hanya sekedar mencari informasi berkaitan materi tersebut.

Contoh Rekon Faktual

Liburan ke Balikpapan di Akhir Tahun

Pada tahun 2021 tepatnya tanggal 27 Desember 2021 aku dan para sahabatku mengunjungi kota Balikpapan untuk mengisi waktu liburanku. Kami semua berasal dari daerah sebrang Balikpapan yaitu dari kota Tanah Grogot yang masih masuk kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Pagi itu aku dan para sahabatku berangkat menggunakan bus tamasya dan terpaksa harus mengantri di pelabuhan kapal Feri Penajam karena banyaknya orang-orang yang juga akan masuk ke kota Balikpapan di akhir tahun tersebut.

Setelah menunggu kurang lebih 48 menit, akhirnya bus yang kami naiki bisa naik ke kapal feri dan menyebrang ke kota Balikpapan.

Dalam perjalanan, kami disuguhi pemandangan kota yang bisa dibilang sangat indah untuk orang-orang dari desa seperti kami ini. Bangunan-bangunannya dan lalu lintas terlihat sangat rapi meskipun terlihat cukup padat merayap di area pusat kotanya.

Beberapa menit kemudian tibalah kami di terminal bus Balikpapan dan kami pun menuju salah hotel yang cukup megah dan keren yaitu hotel Ibiz Balikpapan. Setelah check in untuk memesan kamar hotel masing-masing kami pun akhirnya tertidur pulas karena lelah sepanjang perjalanan.

Sekitar pukul 14.30 kami bangun dan bersiap-siap untuk berjalan-jalan di salah satu mal terkenal di balikpapan yaitu The Plaza Balikpapan atau orang-orang lebih seringnya menyebutnya sebagai Balikpapan Center (BC).

Setelah sampai di Mal Balikpapan Center tersebut kami berjalan-jalan dan makan di Solaria dan membeli beberapa barang dan makanan yang sekiranya kami perlukan.

Itulah sedikit pengalamanku menikmati liburan di kota Balikpapan bersama teman-temanku.