Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Daftar riwayat hidup yang dalam bahasa gaulnya sering disebut curriculum vitae merupakan dokumen penting yang dan wajib dipersiapkan  bagi para pelamar kerja untuk melamar kerja dan dibuat menggunakan kertas portofolio dan pena. Curriculum vitae atau untuk lebih mudahnya kita singkat saja CV adalah daftar riwayat hidup yang berisi tentang informasi mengenai sang pelamar kerja. Tidak selalu untuk melamar kerja sih, terkadang ada pula yang membuat CV untuk sekedar membuat daftar riwayat hidup walaupun hanya sekedar untuk keperluan-keperluan lain.

Pada umumnya CV berisi informasi pribadi seperti biodata, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian dan hal lainnya.

Nah, meskipun begitu, ketika akan melamar pekerjaan, biasanya daftar riwayat hidup juga turut disertakan dengan surat lamaran pekerjaan, yang  fungsinya untuk surat pengantar kepada pemilik perusahaan untuk membaca daftar riwayat hidup dan memberikan wawancara kerja pada tahap-tahap berikutnya.

Pada postingan artikel di halaman ini kami akan memberikan beberapa contoh daftar riwayat hidup tulis tangan, yang mudah-mudahan akan membantu kalian ketika membuat dokumen tersebut untuk keperluan melamar kerja.

Struktur Penulisan dan Pembuatan Daftar Riwayat Hidup
Sebagaimana sudah diketahui secara umum, sebenarnya struktur penulisan daftar riwayat hidup terdiri dari informasi yang tentunya berkaitan dengan diri atau data diri kalian. Dokumen yang umumnya sering disebut Curriculum Vitae atau CV ini adalah berkas penting untuk melamar pekerjaan.

Penasaran kan, bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup tulis tangan dan bagaimana struktur-struktur penulisannya yang baik dan benar? Yuk langsung saja silahkan disimak pada penjelasan di bawah ini.

Beberapa struktur yang harus ada pada data riwayat hidup
  1. Berisi identitas diri meliputi nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, usia, foto, serta lainnya. Pendidikan terakhir (bisa juga hanya mencantumkan 2 pendidikan terakhir). 
  2. Pengalaman pekerjaan. 
  3. Pengalaman organisasi (jika dirasa perlu). 
  4. Keahlian dan minat.
Data-data yang ada di urutan struktur di atas harus diuraikan secara ringkas dan jelas. Itu karena, para pihak perekrut pekerjaan tidak ingin bertele-tele hanya membaca penjelasan data-data diri kalian jika isinya hanya ngelantur kesana-kesini yang tentunya menghabiskan waktu para perekrut pekerjaan.

Cara buat daftar riwayat hidup tulis tangan pun sudah pasti harus dibuat di kertas yang biasanya di kertas folio dengan tulisan tangan kalian sendiri. Jangan sampai kalian iseng membuatnya dari hasil ketikan di komputer karena sesuai judulnya dan umumnya daftar riwayat tulis tangan, apalagi sampai meminta teman atau orang tua kalian yang menuliskannya karena itu tidak layak sama sekali. 

Untuk sekedar sebagai bahan referensi, silahkan kalian lihat saja 3 contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar di bawah ini.
sumber: help shared
sumber: kibrispdr

submber: humor bendol





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Komentar harus sesuai topik, tidak menyimpang !
- Komentar bersifat promosi, langsung Saya hapus !
- Jangan meletakkan link aktif pada komentar, karena itu spam !
- Tolong beritahukan Saya jika ada link, gambar, dll yang rusak !