Informasi

Jika ada pertanyaan atau request artikel. Silahkan kontak email admin di: tyo.arungga@gmail.com

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Email dengan Benar

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email dengan Mudah - Email adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang terutama di zaman serba modern dan canggih saat ini karena email atau orang biasa menyebutnya surat elektronik adalah salah satu media komunikasi si yang sudah ada semenjak dahulu ketika internet mulai berkembang. Munculnya email pada semenjak dulu juga memiliki tujuan yaitu sebagai media komunikasi yang tentunya akan memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Pada beberapa keperluan email biasanya digunakan dan untuk kepentingan yang bersifat formal seperti hal-hal berkaitan dengan bisnis ataupun kepentingan dalam dunia perkantoran pekerjaan atau instansi. Meski akhirnya karena pesatnya perkembangan media sosial saat ini ada banyak sekali media-media sosial yang bisa menggeser beberapa penggunaan email, namun sebagian besar orang atau instansi masih tetap menggunakan email untuk kepentingan dalam urusan pekerjaan mereka. Tentunya ada alasan alasan tersendiri mengapa mereka masih memilih email sebagai alternatif ketika kirim-mengirim dokumen dan file karena menueut mereka lebih formal dan tidal mengganggu akun media sosial yang mereka miliki.

Jika harus membandingkan antara media sosial dengan email maka email dikategorikan sebagai media sosial yang gratis dan mudah. Kebanyakan orang tentu tidak akan merasa keberatan saat dimintai alamat email terutama saat berurusan dengan pekerjaan, bisnis, atau instansi. Ada Salah satu kelebihan pada fitur email yaitu fitur arsip yang tentunya kalian sudah tahu fungsi dan kegunaannya sangat bermanfaat sekali.

Dari sedikit Penjelasan diatas tadi ini berarti meskipun Email sudah mulai tergeser oleh banyaknya media sosial yang semakin canggih dan keren namun banyak atau sebagian orang yang masih menggunakan email sebagai jalur alternatif saat mengirim dokumen atau file terutama berkaitan dengan dunia kerja.

Jujur, saya sendiri Lebih baik menggunakan email saat menerima file hasil tugas-tugas dari murid saya di sekolah daripada harus menerima kiriman tugas-tugas mereka di akun media sosial seperti WhatsApp dan Telegram. Selain karena lebih rapi dan tidak mengganggu ruang memenuhi penyimpanan pada aplikasi Whatsapp dan Telegram, maka fitur pada email bisa dikatakan tidak menganggu ponsel saya saat mereka mengirimkan tugas-tugas melalui email.

Dalam dunia kerja, penggunaan email bisa dikatakan penggunaam email terkesan lebih profesional dan formal. Itulah sebabnya banyak sekali perusahaan atau pabrik bahkan instansi masih menggunakan fitur email dalam dunia pekerjaan mereka

Namun sayangnya, tetap ada saja orang-orang yang terkadang kurang paham Bagaimana cara menggunakan fitur-fitur pada Email salah satunya adalah bagaimana cara mengirim pesan melalui email. Nah, dari alasan tersebut saya sengaja membuat artikel ini untuk memberikan tutorial atau panduan bagi Anda yang masih kebingungan ketika akan mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email. Tentunya tutorial ini berguna bagi Anda yang diwajibkan mengirim surat lamaran kerja anda melalui email.

Yuk, simak panduan Bagaimana Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email dengan Mudah:
Karena kali ini saya akan memberikan panduan cara mengirim surat lamaran kerja lewat email Gmail, maka Anda harus sudah memiliki email Gmail ya. Jika Anda hanya memiliki email Yahoo yaitu Ymail, maka Anda boleh buka artikel saya yang lain di blog ini.
1. Silahkan login email Gmail Anda di browser atau laptop pada link google.com/mail

2. Pada menu di dalam Gmail setelah berhasil login, silahkan pilih menu "Compose/Tulis"dengan memilih opsi pada sebelah kiri atas seperti pada gambar di bawah ini:

Tunggulah sampai muncul pop up untuk mengetik isi emailnya.

3. Isikan alamat email perusahaan, pabrik atau instansi yang akan Anda kirimi surat lamaran pekerjaan:

4. Isilah subject atau judul email, biasanya kalau ini berkaitan tentang surat lamaran kerja yang akan Anda kirimkan diketika "Perihal: Lamaran Kerja(Posisi yang Dilamar) - (Nama Lengkap Anda). Contoh: Perihal: Lamaran Kerja Sales - Mitha Ayu Pustpita.

5. Isikan bodi atau badan email. Ini berisi kata-kata lamaran yang Anda utarakan sebagaimana isi dalam sebuah surat lamaran kerja sedetail, jelas dan selengkap mungkin termasuk salam pembuka, isi surat meliputi perkenalan diri, pekerjaan yang dilamar, serta dari mana Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Jangan lupa juga dalam bodi lamaran diisi ucapan terimakasih, salam penutup dan nama lengkap Anda. Pokoknya sebagaimana Anda membuat surat lamaran kerja yang biasa ditulis di kertas atau di Microsoft Word.

6. Lampirkan berkas-berkas persyaratan dengan mengeklik icon lampiran berkas seperti di bawah ini:

 
7. Jangan lupa untuk memeriksa ulang Alamat email yang akan Anda kirimi email tersebut, Subject dan isi email. 
8. Kalau sudah benar, silahkan klik "Kirim". Periksa pada "Pesan Keluar" maka harusnya sudah ada email/pesan keluar di sana.
 
Jika sudah, sering-seringlah memeriksa inbox email Anda dan berdoa semoga saja lamaran kerja yang Anda kirimkan segera dibalas agar Anda mendapat kabar diterima atau ditolaknya. Tentu saja saya sebagai admin blog ini berdoa agar Anda segera diterima kerja pada pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Komentar harus sesuai topik, tidak menyimpang !
- Komentar bersifat promosi, langsung Saya hapus !
- Jangan meletakkan link aktif pada komentar, karena itu spam !
- Tolong beritahukan Saya jika ada link, gambar, dll yang rusak !