Skip to main content

8 Tips Membuat CV yang Kreatif untuk Anda yang Ingin Dikejar-Kejar Perusahaan Besar



Tips membuat CV yang kreatif
- Zaman sudah mulai berkembang, segalanya pun sudah mulai modern. Tak terkecuali model CV (curriculum vitae). Saat ini model CV sudah banyak berubah, dari yang dulunya cuma tulisan yang terkesan kaku sampai sekarang yang penuh dengan desain warna-warni yang menarik.

Perubahan ini bukan tanpa alasan. Banyaknya persaingan antar calon pekerja, menjadi penyebab munculnya model-model CV yang kreatif. Selain itu, tujuan membuat CV yang kreatif adalah untuk menarik perhatian para HRD, sehingga membuka kesempatan anda untuk bekerja di tempat yang anda inginkan.

Nah, buat anda yang kesulitan untuk bekerja karena CV sering ditolak. Kali ini kita akan membahas mengenai tips membuat CV yang kreatif sehingga nantinya anda mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk diterima. Berikut penjelasannya.

1. Dapatkan di Sepuluh Detik Pertama

Kesan pertama sangatlah penting. Coba bayangkan, bila tim HRD diberikan waktu hanya 10 detik saat menyeleksi calon pekerja melalui CV yang diajukan, kira-kira apa yang akan mereka lakukan?

Tentu kesan pertamalah yang membuat CV anda dilirik oleh para HRD tersebut. Jadi dalam membuat CV, gunakanlah desain tampilan yang menarik. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan, gunakanlah informasi yang terstruktur sehingga CV anda berkesan dan menonjol diantara ribuan CV yang lainnya.

2. Maksimalkan Sepertiga Bagian Atas CV Anda

Setelah anda mendapatkan perhatian dari kesan pertama CV anda. Tugas anda berikutnya adalah menjaga perhatian tersebut, dengan memaksimalkan sepertiga bagian atas CV. Mengapa begitu?

Karena sepertiga bagian atas tersebut akan menentukan, apakah HRD tersebut akan lanjut membaca CV anda sampai selesai atau malah berhenti ditengah-tengah sebelum lembar berikutnya.

Jadi, maksimalkan sepertiga bagian atas CV anda, dengan cara.

- Efisienkan profil anda. Buat informasi penting seperti nama anda dengan huruf yang sedikit lebih besar dan menonjol, agar perhatian HRD langsung tertuju kesana.
- Kurangi tulisan yang tidak relevan dengan posisi lamaran anda. Lalu, perbanyak informasi tentang keahlian anda di bidang tersebut.
- Arahkan pembaca ke sampel atau contoh produk kerja anda, seperti situs pribadi, alamat email, LinkedIn, dan lain sebagainya.

3. Tunjukkan Potensi Anda dengan Pengalaman dan Prestasi
Jabarkan pengalaman diri anda dengan struktur yang rapi. Lalu, masukkan informasi mengenai prestasi dan penglaman yang relevan dengan posisi yang anda incar. Utarakan semua potensi yang anda punya. Jka perlu, cari potensi apa yang anda punya dan calon pekerja lain tidak punya. Jadi, jangan sampai HRD yang memburu pertanyaan tentang prestasi anda.

Jika anda bingung, coba jawab pertanyaan dibawah ini.

- Jelaskan siapa anda dan pengalaman kerja apa yang selama ini anda miliki!
- Dibidang apa pengetahuan dan pengalaman anda saat di organisasi?
- Apa yang bisa ditawarkan oleh anda mengenai keterampilan dan pengetahuan? Apa yang sudah anda lakukan dan apa yang sudah anda capai? Pengalaman seperti apa bisa membuat anda kelihatan menonjol?
- Peran apa yang sering anda lakukan di organisasi, budaya, dan tantangan peran bagi anda di masa depan?

4. Buang Kata-Kata Klise di CV Anda
Saat anda menulis potensi, pengalaman, dan prestasi seperti yang sudah dijelaskan diatas. Berhati-hatilah dengan penggunaan kata-kata yang klise. Contoh kata-kata klise itu seperti, pekerja keras, cepat belajar, sikap yang baik, kemampuan komunikasi yang baik, sangat bertanggung jawab, ingin mengabdi, dan lain sebagainya.

Sebisa mungkin hilangkan kata-kata klise ini, jika memang terpaksa maka kurangi saja kata-kata tersebut. Lebih baik anda tekankan pada pengalaman dan prestasi yang sudah anda lakukan dan sudah anda capai.

5. Gunakan Data Statistik
Karena kita sedang bicara kreatifitas, maka harus ada sesuatu yang beda dan menarik. Ketika calon pekerja lain menggunakan ratusan bahkan ribuan kata untuk mendeskripsikan diri, pengalaman, dan prestasi mereka. Anda bisa menggunakan data statistik untuk menyederhanakan CV anda.

Data statistik berupa diagram batang, garis, atau lingkaran bisa anda pilih untuk menjelaskan pencapaian-pencapaian anda. Selain lebih elegan, tampilan data statistik bisa membuat HRD lebih cepat menyimpulkan CV anda, dan mengurangi kemungkinan berhenti membaca di tengah-tengah.

6. Riwayat Kerja yang Relevan
Nah, selain anda menghilangkan kata-kata klise dan menggunakan data statistik saat menjelaskan pengalaman dan prestasi anda. Anda juga harus memilih, mana-mana saja pengalaman dan prestasi yang akan dicantumkan di CV anda. Walaupun anda mempunyai segudang pengalaman dan prestasi, tetap saja harus relevan dengan posisi yang anda lamar. Ingat efisiensi dari point nomor 2 diatas.

7. Jujurlah Saat Menulis CV Anda
Memulai karir memang harus mengutamakan integritas dan kejujuran. Usahakan semua yang anda tuliskan di CV anda adalah kejujuran, baik itu pengalaman, prestasi, atau apapun itu.

Sesempurna apapun CV yang anda buat, tapi didalamnya mengandung informasi yang mencurigakan, malah akan membuat HRD tersebut menjadi waspada. Sekecil apapun pengalaman dan prestasi yang anda punya, buatlah hal itu menjadi benar-benar berharga di mata para HRD tersebut.

Hal yang Harus Anda Waspadai
8. Copas CV di Internet

Internet memang memudahkan kita, hampir semua apa yang kita cari ada disana. Tapi yang harus menjadi perhatian adalah, gunakan internet hanya untuk sebatas referensi saja. Jadi, jangan sampai anda mencontoh persis semua secara keseluruhan.

Gunakan internet sebagai sumber referensi saja. Carilah referensi sebanyak-banyaknya di internet. Kemudian anda olah kembali. Temukan formula CV anda sendiri, dengan menemukan formula anda sendiri, anda akan terlihat berbeda dari yang lainnya.

Nah, itulah beberapa tips membuat CV yang kreatif. Anda dapat memulainya sekarang juga, lakukan semua tips di atas dan dapatkan pekerjaan idaman anda.
Jika anda suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk membagikannya ya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar