Skip to main content

8 Trik untuk Membuat CV yang Menarik Meski Tanpa Pengalaman Kerja

CV Menarik Terbaru

Trik Membuat CV Menarik Meski Tanpa Pengalaman Kerja - Bagi seorang fresh graduate yang baru pertama kali mencari pekerjaan, biasanya kendala mereka ada pada pengalaman kerja. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa mencari pekerjaan tanpa pengalaman kerja itu adalah hal susah. Apalagi sekarang banyak perusahaan lebih memilih calon pekerja yang sudah memiliki pengalaman.

Meski susah, bukan berarti anda harus menyerah untuk mencari pekerjaan. Apalagi kalau anda sampai harus berbohong saat membuat CV agar terlihat menarik. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menyiasati CV anda tetap menarik meski tanpa pengalaman kerja. Berikut penjelasannya.

1. Buat Desain CV Anda Semenarik dan Serapi Mungkin


Walaupun anda seorang yang berantakan, atau bahakan acuh dengan penampilan. Hal itu tidak boleh anda lakukan saat membuat CV. Anda tetap harus mendesain CV anda semenarik dan serapi mungkin, agar memberikan kesan pada para perekrut.

Kesan pertama ini penting, meski anda mempunyai segudang pengalaman tapi CV anda berantakan dan tidak menarik, malah akan membuat para perekrut enggan untuk membaca CV anda.

2. Tambahkan Cover Letter untuk Menarik Perhatian Perekrut

Cover letter atau surat pengantar ini tujuannya untuk menarik perhatian para perekrut agar mau membaca CV anda. Pada bagian ini, anda bisa menulis ringkasan kualifikasi yang dicari oleh para perekrut dan menulisakan posisi pekerjaan yang anda inginkan.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa tata bahasa dan ejaan setelah menulis. Hal ini bisa menjadi pertimbangan perekrut dalam menilai kepribadian dan ketelitian anda.

3. Buat Bagian Pendidikan Anda Lebih Menonjol

Saat anda tidak memiliki pengalaman kerja, biasanya latar belakang pendidikanlah yang dijadikan pertimbangan oleh para perekrut perusahaan. Anda harus bisa memaksimalkan bagian ini, jangan hanya menulis asal sekolah atau universitas dan tahun kelulusan saja.

Anda harus mengingat-ingat, kegiatan apa saja yang sudah anda lakukan ketika masa sekolah atau masa kuliah anda. Cantumkan semua aktivitas positif yang sudah anda lakukan, kalau anda mempunyai prestasi di bidang tersebut itu malah lebih baik. Anda bisa menjabarkan bagaimana anda mendapatkan prestasi tersebut.

Jika anda pernah mengikuti organisasi, cantumkan juga posisi dan tanggung jawab apa yang pernah anda tempati. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan, karena pengalaman berorganisasi bisa menunjukkan bahwa anda memiliki kemampuan dalam bekerja sama.

Nah, dengan trik membuat CV menarik meski tanpa pengalaman kerja ini, anda tak perlu takut lagi untuk bersaing dengan mereka-mereka yang pernah memiliki pengalaman kerja saja.

4. Jabarkan Semua Keterampilan yang Relevan dengan Pekerjaan yang Anda Lamar


Terkadang saat anda duduk di bangku kuliah atau sekolah, banyak tugas-tugas dari dosen atau guru yang tanpa anda sadari ternyata bisa menambah keterampilan anda. Atau mungkin saat anda bergabung dengan suatu komunitas, tanpa anda sadari anda sudah belajar sebuah keterampilan baru secara otodidak.

Nah, saat membuat CV tanpa pengalam kerja, anda harus bisa memasukkan semua keterampilan yang sudah anda dapatkan. Tulislah semua keterampilan yang berkaitan dengan posisi yang anda lamar.

5. Pekerjaan Sampingan Juga Bisa Membuat CV Anda Lebih Menarik

Mahasiswa semester akhir biasanya sering mengambil beberapa pekerjaan sampingan seperti part time atau freelancer untuk mengisi waktu luang mereka. Meski terlihat sepele, pekerjaan sampingan ini ternyata mampu untuk menarik perekrut agar memilih anda.

Jangan takut atau kurang percaya diri dengan pekerjaan sampingan anda. Cantukamkanlah di bawah kolom pengalaman kerja, buat kolom baru seperti “proyek” atau “pekerjaan sampingan”. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para perekrut untuk memilih anda.

6. Lampirkan Semua Sertifikat yang Anda Dapatkan Semasa Kuliah

Pernah dengar istilah mahasiswa kupu-kupu. Ini ada sebutan bagi mereka yang kerjanya hanya kuliah pulang kuliah pulang. Bukannya tidak boleh atau salah. Tapi bukankah akan terasa rugi ketika hanya lulus dan mendapatkan ijazah tanpa ada sertifikat yang mendampingi.

Saat duduk dibangku sekolah atau perkuliahan, anda harus aktif mengikuti seminar-seminar atau workshop yang diadakan di kampus ataupun yang diluar kampus. Tidak harus yang mahal-mahal, asalkan bisa membuktikan bahwa anda suka belajar dengan hal-hal yang baru saja itu sudah cukup.

Jangan terlalu pelit untuk mengeluarkan uang saat mengikuti seminar. Anggap saja itu sebuah investasi ilmu, yang nantinya bisa anda rasakan hasilnya saat anda sudah bekerja di tempat yang anda inginkan.

7. Tunjukkan Pesona Kepribadianmu


Orang-orang yang ada di HRD sana pernah menyatakan, bahwa kualitas CV bisa dilihat dari identifikasi awal yang bisa membuat anda masuk ke dunia kerja. Jadi, buatlah CV yang bisa membuat mereka mengetahui cocok tidaknya anda dengan pekerjaan yang anda lamar. Caranya dengan menunjukkan kepribadianmu melalui pemaparan hobi atau segala aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar. Jangan lupa untuk tetap rapi dan menarik dalam menulis sebuah CV.

8. Antusiasmemu bisa jadi Pedang Bermata Dua

Pada tips-tips sebelumnya, dijelaskan agar anda selalu memaparkan prestasi dan juga keterampilan yang anda miliki. Nah, ada satu kesalahan yang biasanya sering terjadi pada bagian ini. Karena terlalu antusias, anda jadi menulis panjang lebar menegenai keterampilan dan prestasi yang pernah anda capai.

Jangan lakukan hal tersebut. Cukup sewajarnya saja, jangan terlalu banyak bertele-tele. Anda memang harus menjabarkannya, tapi dengan bahasa yang singkat dan lugas. Jangan pernah juga untuk berbohong saat anda menuliskan CV, karena jika sampai para perekrut menemukan informasi atau data anda yang mencurigakan, nantinya malah membuat para perekrut itu lebih waspada terhadap anda.

Sekian. . .

Nah, itulah beberapa trik membuat CV menarik meski tanpa pengalaman kerja. Anda tidak perlu berkecil hati dengan pengalaman kerja yang belum anda miliki. Lakukan beberapa trik diatas untuk menyiasati CV anda dan segera dapatkan pekerjaan impian anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar