Skip to main content

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Akuntasi dan Contohnya

Bagi Anda lulusan Sarjana Akuntasi, pasti berharap bisa bekerja sesuai dengan jurusan yang Anda tempuh saat kuliah. Ditambah lagi bidang akuntasi selalu dibutuhkan di berbagai perusahaan besar yang menawarkan gaji tinggi. Tapi, sekalipun banyak lowongan pekerjaan menarik yang bisa Anda coba, pesaing yang sama-sama melamar di bidang Akuntasi pun sangat banyak. Oleh karena itu, Anda perlu membuat surat lamaran kerja yang mampu menunjukkan kualitas diri Anda di mata perusahaan.

Nah, dengan alasan itu, maka Anda perlu tau bagaimana caranya membuat surat lamaran kerja yang menarik dan berkualitas. Untuk itu, berikut ini kami bagikan beberapa tips membuat surat lamaran kerja Akuntansi dan contoh surat lamaran kerjanya.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Akuntasi dan Contohnya

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Akuntansi

Buatlah Surat Lamaran Sesuai Kaidah yang Berlaku
Sebelum Anda membuat surat lamaran kerja, maka sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu kaidah pembuatan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Ini perlu Anda lakukan karena dari surat lamaran kerja inilah pihak perusahaan akan melihat bagaimana kualitas Anda. Jika membuat surat lamaran saja tidak sesuai kaidah, maka kualitas Anda kemungkinan besar akan diragukan oleh pihak perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan.

Gunakanlah Bahasa yang Sederhana dan Tidak Bertele-tele
Surat lamaran kerja yang masuk ke sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu, pastinya tidak sedikit. Oleh karena itu dalam proses seleksi pun membutuhkan waktu, sehingga alangkah baiknya jika Anda membuat surat lamaran kerja dengan bahasa yang sederhana dan tidak bertele-tele, sehingga pihak perusahaan bisa dengan cepat mengetahui informasi tentang diri Anda dan posisi yang ingin Anda lamar di perusahaan tersebut.

Cantumkan Berkas-berkas Apa Saja yang Anda Lampirkan
Saat Anda melamar pekerjaan khususnya di bidang akuntansi, maka Anda perlu menunjukkan kualitas diri Anda dengan melampirkan berkas-berkas pendukung atau melampirkan berkas-berkas yang disyaratkan oleh perusahaan tertentu. Dan semua berkas-berkas yang Anda lampirkan itu perlu dicantumkan di surat lamaran kerja yang Anda buat.

Surat Lamaran Perlu Anda Periksa Ulang Sebelum Dikirimkan
Salah satu keterampilan yang perlu dikuasai oleh seseorang yang bergelut dibidang akuntansi adalah ketelitian, oleh karena itu Anda perlu memeriksa ulang surat lamaran yang akan Anda ajukan, jangan sampai ada berkas yang tertinggal atau ada penulisan data yang salah, karena jika terjadi kesalahan bisa berakibat fatal. Bisa jadi surat lamaran kerja yang Anda buat tidak dilirik sama sekali oleh pihak perusahaan. Apalagi jika kesalahannya terdapat pada penulisan nama dan alamat perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Akuntasi

Jakarta, 29 Januari 2018

Perihal: Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 7 Lembar

Kepada Yth
Bagian Personalia PT. KINO Indonesia
Jl. Raya Babakan Km.12, Cikembar
Sukabumi

Dengan hormat,
Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang saya baca di surat kabar pada tanggal 1 Januari 2018, PT Kino Indonesia membuka lowongan pekerjaan di bagian keuangan. Oleh karena itu, melalui surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai salah satu staf akuntan di perusahaan ini.

Berikut informasi singkat tentang diri saya;
Nama : Andi Permana
Tempat dan Tanggal Lahir : Jakarta, 16 Juni 1992
Pendidikan Terakhir : Sarjana Akuntansi Universitas Mercubuana
Alamat : Jl. Merak, No.71, Tebet Timur, Jakarta Selatan
No. HP : 081765724456
Email : andi92@gmail.com
Status : Menikah

Bersama surat lamaran ini, saya pun melampirkan berkas-berkas pendukung, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu untuk menerima saya bekerja di PT. KINO Indonesia. Berkas lampiran terdiri atas;

• Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup)
• Fotocopy Ijazah S1 beserta dengan transkrip nilai
• Sertifikat pelatihan dan seminar yang pernah diikuti
• Surat keterangan pengalaman bekerja dari perusahaan sebelumnya
• Foto diri yang terbaru
• Fotocopy KTP
• Fotocopy surat keterangan sehat dari dokter

Demikianlah surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya, semoga saya punya kesempatan untuk bisa mengikuti proses seleksi di PT Kino Indonesia, dan besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan ini, sehingga saya bisa menunjukkan peran terbaik ke depannya. Atas perhatian dari Bapak dan Ibu, maka saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih.

Hormat saya,


Andi Permana

Jika Anda telah memasukkan lamaran pekerjaan ke sebuah perusahaan, maka Anda harus mulai bersiap-siap jika sewaktu-waktu diminta mengikuti serangkaian tes atau diminta untuk wawancara. Oleh karena itu, Anda perlu mengingat-ingat kembali materi-materi yang berkaitan dengan bidang akuntansi yang pernah Anda pelajari di bangku kuliah, sehingga Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan saat wawancara dengan penuh percaya diri.

Nah, bagaimana? Tidak sulit kan membuat lamaran pekerjaan untuk lowongan akuntansi? Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, dan semoga Anda segera mendapatkan tempat kerja yang menawarkan pengalaman menarik dan penghasilan yang menjanjikan kehidupan yang lebih baik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar