Skip to main content

3 Macam Surat Lamaran Kerja yang Membuat HRD “Gagal Fokus”

Surat-Lamaran.com - Persaingan dunia kerja yang semakin ketat menuntut pelamar kerja untuk membuat lamaran kerja yang lebih menarik. Sudah berapa banyak surat lamaran kerja yang Anda kirimkan? Berapa yang sudah mendapatkan respons dari perusahaan terkait? Jika belum sesuai dengan apa yang Anda harapkan, mungkin surat lamaran kerja Anda masih kurang membuat personalia ‘gagal fokus’.

3 Macam Surat Lamaran Kerja yang Membuat HRD “Gagal Fokus”
3 Macam Surat Lamaran Kerja yang Membuat HRD “Gagal Fokus”

Menyepelekan sesuatu memang tidak baik, termasuk dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Anda harus serius dan mengerahkan semua kemampuan Anda untuk membuat surat lamaran kerja yang terlihat sempurna. Untuk Anda yang sudah mulai kehabisan ide, berikut ini adalah beberapa jenis surat lamaran kerja yang sangat efektif untuk membuat personalia “gagal fokus”.

Ringkas tapi Benar

Buatlah surat lamaran kerja yang baik dan menarik dengan didukung pola penulisan dan struktur yang benar. Selain itu, tujuan dari penulisan tersebut juga harus mudah dipahami dan gunakan bahasa yang ringkas serta tidak bertele-tele.

4 W dan 1 H – What, Where, Who, Why, How

Dalam menyusun sebuah konsep surat lamaran pekerjaan, Anda dituntut untuk tidak asal-asalan. Agar menarik dan berbobot, penuhilah 4 W dan 1 H. Konsep tersebut akan memberikan kekuatan tersendiri pada isi surat yang Anda buat dan tentu saja akan berbeda dari surat lamaran kerja yang lainnya.

Anda harus memperhatikan beberapa poin penting mulai dari alasan kenapa Anda melamar pekerjaan tersebut, perusahaan apa yang sedang dilamar, hingga kontribusi apa yang bisa Anda berikan kepada perusahaan. Hal ini akan sangat membantu meyakinkan perusahaan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Membuat Daya Tarik Tersendiri

Saat membuka lowongan pekerjaan, perusahaan akan mendapatkan banyak sekali lamaran pekerjaan yang masuk. Hal ini membuat saingan Anda tidaklah sedikit. Setiap kandidat yang melamar mungkin sudah mempersiapkan siasat dan kemampuan tersendiri untuk melamar kerja.

Jika surat lamaran kerja Anda standar-standar saja alias sama seperti pelamar pada umumnya, bersiaplah karena surat lamaran Anda akan dibuang begitu saja oleh HRD. Oleh karena itu, pandai-pandailah dalam membuat surat lamaran pekerjaan, buatlah semenarik mungkin, serta tuliskan kemampuan yang berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. Apabila lamaran kerja tersebut bukan bersifat lamaran kerja Online, Anda harus memanfaatkan jasa pengiriman dengan memilih pengiriman kilat agar lebih tepat waktu dan lamaran Anda akan dianggap penting oleh HRD, serta kemungkinan dibaca akan semakin besar.

Itulah beberapa ciri surat lamaran yang akan menarik perhatian HRD agar mendapatkan respons dan dipanggil wawancara. Semoga dapat memberikan inspirasi dan dapat diimplementasikan ketika Anda akan melamar pekerjaan.

Sumber
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar