Skip to main content

Tata Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub


Banyak orang yang belum tahu pasti gimana cara untuk mandi wajib, malahan anda ya yang mengiharukan untuk mandi wajib karna dia ngak tau cara mandi wajib yang benar, dan sekarang saya akan membantu anda untuk menjelaskan gimana cara mandi wajib yang sebenarnya menurut islam, berikut penjelasnnya

Rukun-rukun mandi wajib ada dua, yaitu : 
1. Niat . Yaitu dengan hati pada saat pertama kali membasuh anggota badan. 

Macam-macam niat mandi antara lain :
a. saya niat mandi untuk menghilangkan janabat
b. saya niat mandi untuk menghilangkan hadats besar
c. saya niat mandi wajib
d. saya niat bersuci untuk shalat

2. Meratakan air ke seluruh anggota badan (kulit dan bulu yang tumbuh padanya). 
Dengan memperhatikan tempat-tempat yang sulit dilalui air, seperti ketiak, lipatan perut, telinga dan lain-lain.

Hal-hal yang disunnahkan ketika mandi wajib :
Segala yang disunnahkan ketika wudlu’, disunnahkan pula ketika mandi seperti membaca basmalah, bersiwak, menghadap kiblat, membasuh kedua telapak tangan, berkumur, istinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung), menggosok badan, mendahulukan yang kanan, muwalah (berkesinambungan) dan lain lain.
Selain itu disunnahkan pula kencing sebelum mandi, berdiri, menghilangkan kotoran tubuh, berwudlu’, menyela-nyelai rambut, tiga kali dalam basuhan, mandi dengan menutup aurat (jika mandi sendirian, namun jika dihadapan orang lain hukumnya wajib) dan lain-lain.

Hal-hal yang dimakruhkan ketika mandi wajib : 
  1. Isrof dalam menggunakan air (lebih dari kebutuhan). 
  2. Mandi di air yang menggenang. 
  3. Basuhan lebih dari tiga kali. 
  4. Meninggalkan kesunahan seperti berkumur, istinsyaq (memasukkan air ke lubang hidung), dll. 
Tata cara mandi dengan sempurna
  1. Menghilangkan kotoran terlebih dahulu, seperti mani, kencing dan lain-lain. 
  2. Kemudian menghadap qiblat, membaca basmalah , bersiwak, membasuh kedua telapak tangan, berkumur dan istinsyaq, masing masing tiga kali dengan niat mengerjakan sunnah-sunnah mandi. 
  3. Membasuh dua kemaluan dengan niat menghilangkan janabat pada keduanya. 
  4. Berwudlu’ sebagaimana biasanya. 
  5. Mengguyur kepala sambil niat seperti niat-niat di atas. 
  6. Menyiramkan air pada bagian depan dan belakang tubuh sebelah kanan, kemudian bagian depan dan belakang tubuh sebelah kiri, sambil memperhatikan anggota badan yang sulit dilalui air. 
Masalah wudhu’ bagi orang yang mandi janabah ada dua pendapat.
  1. Dicukupkan dengan mengangkat hadats besar (mandi) karena dengan sendirinya hadats kecil terangkat pula dengan syarat di waktu melaksanakan mandi tidak melakukan perkara yang membatalkan wudhu’ seperti menyentuh kemaluan dengan telapak tangan. Dan ini adalah pendapat yang mu’tamad. 
  2. Tidak cukup dengan mandi (diharuskan wudhu’) karena hadats kecil terangkat dengan wudhu’ dan hadats besar terangkat dengan mandi, permasalahan berbeda dan hukumnya tentunya berbeda. 
Tambahan dikit info :

Orang-orang yang wajib mandi junub / Hadas Besar ialah: 
1.Mandi Hadas 
Mandi hadas ini adalah diwajibkan keatas seseorang yang baru lepas dari persetubuhan diantara lelaki atau perempuan atau orang-orang yang keluar airmani baik secara semula jadi seperti bermimpi atau sengaja, iaitu melalui melacap / onani/ mastubasi / khayalan seks dan sebagainya.
Niat Mandi Junub / Hadas Besar ialah, " Sahaja aku mandi junub/ hadas besar mensucikan diri aku, kerana Allah takala." kemudian siramkan air dimulai diatas kepala hingga bersih semua badan. Macam mandi biasa juga.

2. Mandi Haid 
Setiap wanita yang kedatangan kotor atau haid dan sudah bersih sepenuhnya, maka wajiblah ia membersihkan diri, wajiblah ia mandi haid. Haid artinya darah yang wajib keluar dari faraj ( kemaluan ) perempuan yang sudah cukup umur.

3. Mandi Nipas. 
Seseorang wanita yang bersalin dan sudah bersih darahnya. Maksudnya darah 'beranaknya' sudah kering. Ada yang 40 hari dan ada yang 60 hari. Maka ibu tersebut wajib mandi nifas untuk membersihkan diri.

Mungkin udah cukup penjelasan tentang Tata Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub , sekian dan trimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar