Skip to main content

Penjelasan Orang Yang Suka Menyendiri


Banyak sekalih orang yg sering menyendiri jadi sebenarnya lazim. Terbilang aneh jika teman anda jarang bergaul, ia jadi berbicara mengada ngada dan terkesan 'ngawur' ato mengada - ada. mungkin itu adalah fobia sosial

Apa itu fobia sosial ?
Fobia sosial didefinisikan sebagai kekhawatiran berlebihan untuk melakukan sesuatu yang dapat menyebabkan rasa malu terhadap diri sendiri atau penilaian buruk dari orang lain. Riset membuktikan fobia sosial remaja merupakan kasus tersering ketiga di Amerika Serikat dan 13% dari warga negara tersebut pernah mengalami kondisi ini. Umur rata-rata seseorang mengalami fobia sosial berkisar dari 12 sampai 17 tahun.

Kebiasaan :
Dalam mengambil keputusan mereka akan melakukan perhitungan matang untuk melakukan sesuatu didepan umum untuk melindungi diri sendiri dari rasa malu yang mereka takuti. Bahkan juga, Dia dalam menghindari rasa malu atau ketakutan dijadikan sebagai pusat perhatian, mereka cenderung untuk "menyimpan diri dalam bayangan", sehingga mata-mata dalam komunitas mereka tidak akan memberikan perhatian sama sekali.

Ciri Ciri Khas :
  1. Kecenderungan untuk menyendiri 
  2. Tidak suka untuk membuat kontak mata 
  3. Selalu terlihat gelisah 
  4. Tidak mampu tampil dengan baik di muka umum 
  5. Merasa diperhatikan oleh banyak orang 
  6. Penurunan nilai di sekolah Selain tanda-tanda diatas, pada remaja dengan fobia sosial yang ekstrim, mereka tidak berani melakukan kegiatan normal di tempat umum. Kondisi ekstrim tersebut antara lain, tidak berbicara di telpon, tidak berani buang air kecil di toilet umum, sangat sedikit berbicara pada lawan jenis, bahkan tidak mampu menulis di tempat umum – dalam hal ini sekolah.

  1. Remaja yang memiliki orang tua yang memiliki gangguan kekhawatiran mempunyai kemungkinan untuk mengalami fobia sosial lebih besar dari remaja dengan orang tua yang normal.
  2. Factor temperamen saat kanak-kanak, misalnya ; malu-malu, tidak suka bergaul, sensitif, dan mudah tersinggung. Menyebabkan pada saat remaja mereka memilih untuk menghindari komunitas sebagai bentuk pertahanan diri dari kekhawatiran yang berlebihan
  3. Faktor lingkungan luar. Pengalaman kekerasan (baik seksual atau pun non-seksual), ditolak, terperangkap dalam kondisi panik atau ketakutan, dan pengalaman yang sangat memalukan (dicemooh di depan umum atau ditertawakan sekelompok orang) merupakan factor yang dapat menyebabkan seseorang ketika menginjak usia remaja nantinya akan mengalami fobia sosial tersebut.
  4. Orang seperti itu biasanya akibat pola asuh dalam keluarga
  5. Mungkin karena keluarganya bersikap tertutup sama orang lain atau overprotektif (harus begini harus begitu, dilarang ini dilarang itu), sehingga dia sulit bergaul. Kalo sejak kecil sudah begitu, sulit memperbaikinya nanti. 
  6. Bisa juga karena latar belakang masa lalu. Mungkin waktu kecil dia sering disakiti sama temannya sehingga malas bergaul 
  7. Atau memungkinan menderita HIKIKOMORI. Yaitu orang yang menarik diri dari pergaulan dan lingkungan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada dirinya dan mencegah hal buruk yang kemungkinan bisa deterima dari lingkungannya. 
  8. Biasanya karna trauma pernah dibully, tidak punya teman, terlalu kesepian, dan segala kesenangannya sudah terpenuhi seperti game, anime, komik, dll yang tersedia dikamarnya. Sehingga dia beranggapan ini sudah membuatnya seperti raja dengan penuh kesenangan nya 
  9. Mengalami Penyakit sosial. biasanya hikikomori dialami oleh masyarakat di kota besar (tokyo,jepang tapi banyak juga dari negara lain termaksud Indonesia) 
  10. Biasanya pelaku hikikomori hanya keluar untuk sekolah, membeli persediaan makan, membeli game,komputer,komik,anime,dll, lalu kembali pada zona amannya (kamarnya) 

Solusinya : harus ditolong. Jadilah teman baiknya, ajak dia ke mall, atau lainnya agar ada rasa sayang dan menghargai hidupnya.
Pengalaman Orang lain : ada, orang waktu sekolah dia begitu, tapi sesudah kuliah dia berubah lebih baik
Pengalaman Saya : Sebenarnya saya juga mengalami hal seperti itu, terkadang saya membutuhkan orang bisa mengubah sifat saya ini, jadi diharapkan jika ada teman anda yang mengalami hal seperti ini sebaiknya anda membantunya agar dia menghilangkan sifat tersebut
Menurut saya orang yang mengalami hal seperti itu kesulitan mencari pekerjaan nantinya

Bila ada pendapat sendiri atau pengen curhat silahkan komen di bawah :D
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar