Skip to main content

Cara Berbicara Di Depan Umum


        Berbicara didepan umum merupakan salah satu kegiatan menyampaikan pendapat, gagasan atau pikiran dihadapan orang banyak. Dalam beberapa hal sering kali kita di suruh untuk berbicara didepan umum, misalahnya berpidato , khutbah , kultum, breafing, ceramah, dan lain sebagainya, kadang pula berpidato tanpa terencana (mendadak ) , dan untuk pelajar seringkali  ada tugas yang diberikan oleh guru bidang study bahasa indonesia untuk berpidato, dan itu kadang jadi masalah tersendiri untuk siswa. Mengapa ? ya, karena pasti akan timbul rasa canggung, gugup, atau pun takut. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu perhatikan agar dapat sukses berbicara didepan umum.

A.  TAHAP PERSIAPAN
Tahap persiapan sangat dibutuhkan bila kamu sudah merencakan akan melakukan suatu pidato , dakwah , atau berbicara depan umum. Dengan adanya persiapan yang baik, tentu kamu akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Tahap persiapan ini meliputi:

1. Memilih materi berbicara 
         Tentu sebelum berbicara didepan umum, kamu harus memiliki materi  yang sesuai dengan acara yang ada. Jangan cari  materi yang rumit dan sulit untuk kamu pahami. Tidak  menutup kemungkinan, kamu akan mencari bahan materi di buku atau internet lalu menghafalnya. Tapi pasti akan lebih baik lagi bila kamu dapat  membuat materimu sendiri dengan kata-kata yang mudah , ringan dan gampang untuk kamu sampaikan. banyak hal positif yang bisa kamu terima. salah satunya, kamu dapat memahami materimu dengan baik dan menguasainya dengan baik juga bahkan menghafalnya, dibanding dengan mencopy materi dari internet atau buku kamu akan kesulitan menghafalnya perkalimat.

2. Rutin latihan
      Ini adalah salah satu kegiatan yang dapat menghilangkan rasa gugup dan canggung kamu. Karena semakin sering kamu latihan, maka kamu akan semakin terbiasa dan memiliki gairah untuk segara menyampaikan pidato kamu tersebut. Tempat latihan terbaik adalah di depan cermin, ya karena tentu saja kamu punya cermin besar didalam kamarmu kan? Hehe, utamanya cewek yang cerimin dikaranya bisa sebesar lemari.. Nah!!, dengan latihan didepan cermin kamu dapat melihat bagaimana garak-gerik yang baik oleh kamu saat sedang berbicara didepan khalayak ramai. Selain didepan cermin, kamu juga dapat latihan di panggung tempat kamu akan berpidato, latihan ini sangat dibutuhkan agar kamu dapat menguasai panggung dengan baik, latihan di panggung tidak berlaku untuk hal mendadak, misalnya, kamu tiba-tiba di undang untuk berpidato atau berbicara depan umum.

B. EKSEKUSI
ini adalah tahap terpenting yang saat akan melakukan pidato di depan umum, di perlukan kesiapan mental yang tinggi. Perhatikan tahap ini untuk persiapan berbiaca depan umum, baik secara mendadak ketika kamu tiba-tiba di undang untuk menyampaikan gagasan, pikiran, atau pendapat dihadapan orang ramai, ataupun hal terencana. Perhatikan hal berikut:

1. Anggaplah orang yang sedang memperhatikanmu berbicara adalah sekumpulan anak kucing
        Ini mungkin aneh, tapi  bisa bermanfaat untuk menghilangkan rasa takut dan canggung kamu saat berdiri di depan orang ramai, makan buatlah sugesti dalam pikiran kamu sendiri, bahwa semua penonton, pengunjung, atau orang yang ada dan sedang memperhatiaknmu dan mendengarkanmu hanyalah anak-anak kucing yang manis.

2. Perhatikan pendengar
        Perhatikan siapa saja yang menyaksikanmu  dan mendengarkanmu, apakah ada banyak anak-anak, remaja, dewasa, atau manula. Misalnya, bila ada banyak manula, sebaiknyaa jangan berpidato atau menyampaikan banyak hal karena tentu itu akan menyiksa mereka untuk mendengarkanmu dengan posisi tubuh yang sama, seperti terlalu banyak duduk atau berdiri. Kecuali bila mereka dapat menikmati apa yang kamu sampaikan dengan baik.

3. Gunakan properti panggung dengan baik
         Perhatikan setiap gerakanmu di atas panggung dengan baik, dan manfaatkan properti yang disediakan, seperti apakah kamu akan menggunakan microfon atau tidak. Dan perhatiakan gerak tubuh kamu sesuai dengan isi materimu, misalnya, bila kamu menyampaikan materi tentang ‘’semangat dan perjuangan’’, maka, angkatlah sesekali genggaman tanganmu ke udara. Jangan berpidato dengan posisi tubuh yang sama dari awal sampai akhir itu akan membuat pendengar jenuh. Misalnya, kamu terus meletakkan tanganmu dibelakang atau didepan. Dan jangan membuat gerakan aneh, seperti terus menunduk, menggaruk-garuk, ataupun yang lainnyaa. Beranilah menatap mata dan wajah pendengar.

4.  Suara
        Apakah kamu berpidato menggunakan microfon atu tidak?  dan apakah kamu berbicara di dalam ruangan ataupun diluar ruangan(lapangan)? . Pastikan volume suara kamu itu sesuai, agar suara kamu dapat terdengar baik oleh semua pendengar, dan perhatiakan intonasi suara kamu dengan baik, dan pastikan segala kata yang keluar dari mulut kamu itu dapat terdengar jelas dengan baik.

        Berbicara didepan umum itu bukan hanya menyangkut hal sebarapa lama kamu dapat berbicara, tapi sebagaimana pintar kamu membawakan materimu dengan baik, dan membuat semua orang ingin selalu mendengarkan kamu berbicara kembali. Semoga kamu sukses dengan pidatomu dan semoga kamu dapat menerapkan apa yang saya tulis dengan baik dan semoga bermanfaat. terimakasih telah membaca.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar