Informasi

Jika ada pertanyaan atau request artikel. Silahkan kontak email admin di: tyo.arungga@gmail.com

Contoh CV Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa Yang Sedang Kuliah

Jika Anda mahasiswa yang sedang melamar pekerjaan, terkadang Anda heran kenapa sudah melamar pekerjaan ke banyak perusahaan untuk sekedar magang atau ingin belajar kerja part-time tapi tidak kunjung dapat balasan, bahkan ditolak pun tidak ada konfirmasinya. Nah, atas dasar alasan tersebut ada baiknya kamu melihat contoh CV mahasiswa yang menarik dan  meyakinkah pada artikel berikut ini.

Anda harus sadar bahwa CV adalah sebuah jalan yang akan membawa kita kepada pekerjaan impian kita,  itulah sebabnya kita tidak boleh asal-asalan dalam membuat CV.

Biasanya, CV akan terlihat kurang menarik ketika template yang Anda gunakan sama persis dengan CV banyak orang lainnya. lalu, bagaimana dong caranya agar CV Anda terlihat menarik dan meyakinkan? apa saja data yang harus dicantumkan dalam sebuah CV?

Melengkapi Data Diri
Data diri adalah salah satu hal paling penting yang harus ada di dalam sebuah CV, tentunya untuk CV mahasiswa pula harus ada. Data diri tersebut meliputi nama lengkap Anda, tempat tanggal lahir, nomer telepon serta adanya e-mail yang Anda cantumkan di dalamnya.

Jangan lupa bahwa nomer telepon dan email yang kamu cantumkan di dalam sebuah CV tersebut harus dapat dihubungi. 

Tidak Perlu Memberikan Penjelasan yang Bertele-tele
Jika anda memiliki prestasi yang mungkin lenih banyak dari orang lain, hal tersebut memang suatu hal yang membanggakan dan bukan hal yang salah. Tetapi, tidak semuanya juga perlu Anda cantumkan saat membuat CV, apalagi CV seorang mahasiswa.

Sebenarnya, informasi yang berlebihan dan tidak berkaitan dengan isi sebuah CV justru hanya akan menurunkan kemampuan yang Anda ingin tunjukkan. Hal tersebut terkesan terlihat pamer dan sombong, sementara jika akhirnya diterima pada pekerjaan yang dituju, kemampuan Anda pun akan terlihat tanpa harus memamerkan berlebihan pada kalimat-kalimat di dalam CV.

Usahakan ketika Anda membuat CV mahasiswa, buatlah yang intinya langsung sesuai dengan posisi yang akan Anda lamar, termasuk kemampuan Anda di bidang tersebut (jika ada). Jadi, prestasi dan kemampuan kerja atau bahkan organisasi yang tidak ada hubungannya atau kaitannya dengan posisi tersebut lebih baik sembunyikan dahulu daripada terkesan bertele-tele.

Mengisi Data Pendidikan

Selain data diri, data pendidikan juga satu hal yang harus ditekankan ketika Anda membuat CV mahasiswa. Karena ada hal-hal penting yang perlu Anda cantumkan ketika membuat riwayat pendidikan (akademik) di dalam CV.

Nama kampus dan jurusan yang ditempuh merupakan hal-hal penting yang wajib dituliskan  dalam CV mahasiswa, termasuk ditulisnya IPK sebagai pencapaian Anda selama kuliah.

Jika Anda memang memiliki pengalaman kursus atau pelatihan yang masih berkaitan dengan posisi pekerjaan yang dituju, Anda juga boleh menuliskannya di dalam data pendidikan.

Pengalaman Saat Organisasi atau  Saat Magang
Jika Anda memiliki pengalaman organisasi atau magang, hal tersebut bisa menjadi salah satu nilai lebih untuk Anda. Biasanya sih, HRD akan melihat CV Anda dengan nilai lebih jika Anda sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

Kemudian, pengalaman Anda dari organisasi  juga bisa membuat Anda mempelajari bagaimana cara bekerja dalam tim dan dengan berbagai macam karakter orang yang tentunya berbeda pula.

Namun, tidak perlu berkecil hati jika Anda kurang dalam kedua hal ini. Anda masih bisa menambah peluang yang lain dalam hal kemampuan yang Anda miliki.


Prestasi dan Kemampuan (Skill)
Kalaupun memang ada banyak kemampuan yang Anda miliki, bukan berarti semuanya harus Anda cantumkan dalam sebuah CV mahasiswa. Pilihlah skill yang memang paling berkaitan dengan pekerjaan atau posisi yang sedang Anda lamar.

Begitu pula dengan prestasi, jika memang tidak berkaitan dengan pekerjaan, Anda tidak perlu mencantumkannya.

Sebagai contoh, janganlah mencantumkan prestasi jago bermain gitar dan drum ketika Anda melamar pekerjaan pada posisi seorang programmer karena hal itu jelas tidak berkaitan.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh CV yang kami quote dari The Balance Careers, The Muse dan University of Maryland yang bisa Anda pergunakan untuk membuat CV bagi Anda yang masih menjadi mahasiswa:



Itulah artikel berkaitan dengan contoh cv Bahasa Inggris untuk mahasiswa yang bisa anda gunakan untuk membuah CV mahasiswa jika ANda memang sedang membutuhkannya. Mulailah untuk membuatnya dan semoga segera di terima di tempat kerja yang Anda tuju ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Komentar harus sesuai topik, tidak menyimpang !
- Komentar bersifat promosi, langsung Saya hapus !
- Jangan meletakkan link aktif pada komentar, karena itu spam !
- Tolong beritahukan Saya jika ada link, gambar, dll yang rusak !