Cara Mencairkan Dana BSU Kemendikbud Non PNS Rp 1,8 Juta

Bagi kalian para guru Non PNS yang ada di seluruh Indonesia, ada informasi menggembirakan nih bahwa Kemendikbud memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang bukan PNS. BSU tersebut disalurkan melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang tentunya bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. 

Artikel ini saya buat bukan hanya informasi yang didapat dari orang lain, melainkan saya selaku admin blog dari surat-lamaran memang sudah mencoba mencairkannya sendiri dan terbukti dana BSU Kemendikbud memang sukses bisa dicairkan. Hanya saja karena ada potongan pajak dari Bank dan NPWP maka dana BSU dari Kemendikbud yang bisa kita cairkan bersihnya sebesar Rp 1,600,000.

Sedikit bercerita tentang pengalaman saya tadi pagi mencairkan dana BSU di Bank BRI, awalnya saya juga agak ragu apakah dana tersebut memang sudah bisa dicairkan atau belum. Terlebih lagi, dana tersebut harus dicairkan dengan cara melaporkan dan membaw berkas-berkas syarat yang wajib kita tunjukkan kepada petugas Bank BRI.

Setelah mengecek di website info GTK dengan login akun sebagaimana bahwa saya juga adalah salah satu guru honorer di salah satu SMA Negeri yang ada di Indonesia, ternyata ada keterangan bahwa saya layak mendapatkan bantuan subsidi dana BSU. Maka sayapun mengeprint berkas-berkas yang harus dipersiapkan untuk dibawa ke Bank BRI.

Tepat pada hari ini, tadi jam 9 WIB saya mendatangi kantor cabang BRI Tanah Grogot, Kalimantan Timur untuk menanyakan perihal pencairan dana tersebut. Namun sayangnya, ternyata pencairan dana tersebut hanya bisa dicairkan di area dimana kita mengajar. Karena agak jauh dari area tempat mengajar, saya nekat mendatangi Bank BRI pusat saja untuk mencoba menanyakan perihal yang sama. Ternyata, setelah bertanya kepada satpam dan katanya bisa dicarikan di bank tersebut sayapun mengambil nomer antrian, menunggu dan akhirnya berhasil mencairkan dana tersebut melalui ATM Bank BRI karena ternyata kita dibuatkan rekening baru oleh pihak Bank BRI dan uang 1,800,000 sudah ada di dalam rekening baru tersebut, hanya saja uang yang bisa kita cairkan bersihnya adalah Rp 1,600,00. Yah, lumayanlah buat kebutuhan sehari-hari dan mengisi dompet dikala sedang kantong kering hehe.

Berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan ketika akan mengajukan pencairan dana BSU Kemendikbud din Bank BRI:
1. login akun guru anda di website: https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ kemudian pilih "Login Langsung Ke GTK", isikan email dan sandi akun GTK anda kemudian pilih login (Kalau anda tidak tahu akun dan email anda di website tersebut, silahkan tanya pada operator Dapodik di sekolah tempat anda mengajar).
2. Setelah masuk ke dalam website tersebut dari akun login tadi, klik close pada bagian "verval Ijazah" karena kita akan fokus mencairkan dana BSU Kemendikbud (bukan fokus pada seleski PPPK). Silahkan cek pada halaman atas website apakah ada tulisan seperti ini:
Kalau sudah ada tulisan "ANDA TERMASUK DALAM NOMINASI PENERIMA BANTUAN SUBSIDI UPAH (BSU)".
3. Kemudian cek pula halaman bagian bawah, apakah ada tulisan yang seperti ini:
Intinya kalimat yang menerangkan bahwa "Dana BSU Kemendikbud sudah cair ke rekening penerima" dan tanggal penerbitan SPPN sudah lebih dari dar 3 hari maka anda sudah siap untuk melakukan tahap berikutnya untuk mencairkan dana BSU Kemendikbud.
4. Silahkan lengkapi berkas=berkas yang harus dibawa saat proses pencairan ke Bank, diantaranya:
    a. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) (Wajib dicetak, ditempeli materai 6000 dan             anda tanda tangani).
    b. Print Out Info GTK.
    c. Kartu Tanda Penduduka (KTP) (Tunjukkan yang asli).
    d. Fotokopi Kartu Keluarga (KK), (Tunjukkan yang asli).
    e. NPWP (Kalau ada)
    f. SK Mengajar dari dinas (Wajib)

SK Mengajar wajib dibawa meski di website tidak disebutkan sebagai syarat, namun ternyata saya diminta untuk menunjukkan SK mengajar. Karena saya tidak membawanya dan tidak mungkin kalau harus pulang untuk mengambilnya karena waktu tidak memungkinkan, jadi teller bank meminta saya untuk mengirim bentuk pdf SK Mengajar saya ke emailnya (untungnya saya memiliki file pdf SK mengajar saya di ponsel jadi langsung saya kirim ke email teller bank tersebut). 

Kemudian silahkan tunggu teller bank memproses pencairan dana dengan membuatkan rekening baru di Bank BRI sekaligus kartu ATM nya, kita juga diminta memasukkan PIN baru untuk kartu ATM kita tersebut. Setelah itu kita bisa membawa apulang buku rekening dan kartu ATM tersebut dan mencairkan dana BSU melalui ATM.

Itulah artikel tentang bagaimana cara mencairkan dana BSU Kemendikbud Non PNS Rp 1,8 juta yang dapat saya jelaskan. Jika ada pertanyaan terkait tentang artikel ini, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

2 Responses to "Cara Mencairkan Dana BSU Kemendikbud Non PNS Rp 1,8 Juta "

  1. Assalamualaikum...
    Bu saya sudah pemberkasan dana bsu ke bank bri terdekat sudah 2 minggu yg lalu, bank tsb bilang akan di tlpon jika sudah bisa di cairkan, tapi sampai sekarang kenapa tdk ada kejelasan, apa penyebabnya ya bu kira2? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dana BSU yg akan anda cairkan itu berkas2nya sudah lengkap gan?


      Setau saya tidak pakai menunggu sampai lama begitu. Saya waktu itu bawa berkas lengkap tinggal datang ke BANK BRI dan bilang mau mencairkan dana BSU Honorer tenaga pendidik. Langsung deh ambil antrian, dan ketika dapat panggilan nomer antri langsung diuruskan saat itu juga... beberapa belas menit kemudian dapat buku Rekening BRI baru dan Kartu ATM baru yg di dalam saldonya sudah terisi 1,6 juta dan bisa dicairkan hari itu juga diambil melalui ATM.

      Hapus

- Komentar harus sesuai topik, tidak menyimpang !
- Komentar bersifat promosi, langsung Saya hapus !
- Jangan meletakkan link aktif pada komentar, karena itu spam !
- Tolong beritahukan Saya jika ada link, gambar, dll yang rusak !