Contoh Surat Lamaran Berdasarkan Iklan di Situs Lowongan Kerja dan Koran

Contoh Surat Lamaran Berdasarkan Iklan di Situs Lowongan Kerja dan Koran

Jika zaman dulu untuk mencari informasi mengenai lowongan kerja anda harus memburu tukang koran setiap hari, di zaman sekarang tidak lagi demikian. Informasi mengenai lowongan kerja bisa anda peroleh dari mana saja. Dan pastinya yang paling sering dari iklan. Banyak perusahaan mencari pelamar kerja yang kompeten melalui iklan, baik itu iklan media cetak, iklan televisi atau yang paling marak yaitu internet.

Sekarang pertanyaannya, apakah membuat surat lamaran kerja dari iklan dan tanpa iklan sama saja? Nah, untuk jawabannya silahkan anda intip dari beberapa contoh surat lamaran kerja berdasarkan iklan berikut ini. Silahkan disimak.

Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan
• Contoh 1
Jakarta, 7 Juli 2017
Lampiran: 3 lembar
Hal: Permohonan menjadi karyawan

Yth. Direktur
PT Lippo Kusuma Jaya
Jalan H. Andi Made Alie
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan yang dimuat dalam koran Nibu edisi 3 Juli 2017 mengenai lowongan pekerjaan tenaga pelaksana, saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Andre Firmansayah
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 16 Maret 1992
Alamat : Jalan Andi Made Alie 18, Jakarta
Pendidikan terakhir : S1 Arsitekur

Memohon diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari perusahaan Bapak. Sebagai pertimbangan saya lampirkan
1. Fotokopi KTP (1 lembar)
2. CV (1 lembar)
3. Fotokopi Transkrip Nilai (1 lembar)
4. Pas foto terbaru 3x4 (3 lembar)

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapkan termakasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,

Andre Firmansyah

• Contoh 2
Bandung, 10 Oktober 2017

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Putera Cahaya Gumilang
Jl. Naripan No. 77 Bandung

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Putera Cahaya Gumilang, yang dimuat di situs Lowongan4400.com. Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan diri untuk bergabung dengan PT. Putera Cahaya Gumilang sebagai staf Marketing.

Berikut ini data singkat tentang diri saya:

Nama : Ardit Irwansayah
Tempat & tgl. lahir : Bandung, 19 Januari 1993
Pendidikan Akhir : Sarjana Manajemen Unswagati (Konsentrasi Manajemen Pemasaran)
Alamat : Perum Beringin Raya, Blok A3 No.17, Kemiling, Bandung
HP : 082217467889
e-mail : Ardit77@gmail.com
Status : Belum Menikah

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, serta mampu bekerja secara mandiri maupun tim. Saya ahli dalam berbahasa Inggris dengan baik secara lisan ataupun tulisan, dan memiliki kemampuan manajemen marketing yang baik, sesuai dengan latar belakang pendidikan saya. Saya juga terampil dalam bekerja menggunakan aplikasi komputer seperti Ms. Office (Word, Excel, Access, PowerPoint, OutLook)
.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Pas foto terbaru.
2. Daftar Riwayat Hidup.
3. Foto copy ijazah S1
4. Transkrip nilai yang sudah dilegalisir.
5. Foto copy sertifikat pelatihan
.
Saya sangat berharap Bapak / Ibu bersedia memberikan kesempatan melakukan wawancara kepada saya,sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci mengenai potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,

Ardit Irwansyah

Nah, anda sekarang sudah tahu, kan, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja berdasarkan iklan yang baik dan benar? Saran dari kami walaupun iklan lowongan kerja yang tersebar sangatlah banyak, anda harus selektif sebelum mengirimkan lamaran.

Berikut kami akan kupas apa saja yang harus anda perhatikan sebelum mengirimkan surat lamaran pada perusahaan yang membuka lowongan.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengirimkan Surat Lamaran Kerja

1. Cermatilah Informasi lowongan Pekerjaan
Informasi dalam bentuk iklan yang menawarkan posisi dalam suatu perusahaan perlu dianalisis atau dicermati lebih mendalam. Hati-hati terhadap penipuan lowongan kerja berkedok gaji besar. Jangan langsung tergiur dengan penawaran tersebut. Lihat posisi apa yang perusahaan mereka cari, dan yang terpenting anda harus tahu sepak terjang perusahaan yang anda lamar.

Semakin asing nama perusahaan tersebut di telinga anda, anda harus cermati lebih dalam lagi. Jangan sampai anda terjebak dan tertipu serta dimanfaatkan oleh perusahaan yang kredibilitasnya tidak jelas atau buruk

2. Pilih Sumber Iklan yang Terpercaya
Hal ini juga tak kalah penting untuk dipahami. Tidak semua iklan yang ditampilkan di dunia maya dapat menjamin bahwa ketika bekerja di perusahaan mereka, anda tidak akan tertipu dan benar-benar digaji. Biasanya ikan lowongan kerja yang paling bisa dipercaya adalah dari Koran, tabloid online, juga iklan di televisi.

Jika anda menemukan iklan lowongan kerja dari situs yang belum terkenal terlebih domain situs tersebut termasuk domain gratis, anda harus ekstra hati-hati. Jika anda tetap tertarik ingin melamar, lakukanlah poin pertama yang sudah kami bahas di atas.

3. Memilih Lowongan Kerja Sesuai Skill
Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar alias pekerjaan sesuai dengan minat anda. Maka memilih iklan lowongan kerja sesuai skill adalah hal yang harus diperhatikan selanjutnya sebelum mengirimkan surat lamaran

Dalam beberapa kasus, banyak pelamar kerja yang tidak tahan untuk tidak tergiur untuk mengikuti lowongan kerja yang bukan sesuai keahlian mereka. Sebenarnya hal ini sangatlah wajar, terlebih jika anda memang benar-benar membutuhkan pekerjaan. Namun, yang harus anda tahu adalah semisalnya anda diterima oleh perusahaan tersebut, maka kinerja anda akan jauh lebih rendah dibandingkan karyawan yang lain.

Apa saja dampak lainnya?

Tentu saja banyak. Misalnya stress berkepanjangan karena terbebani dengan tugas yang tidak sesuai dengan skill. Dan yang paling penting, mempengaruhi posisi tawar anda di mata owner perusahaan.

Lantas solusinya bagaimana?

Semua keputusan tetap di tangan anda, yang paling tepat adalah jika ingin bekerja pada bidang yang bukan keahlian anda, maka pelajarilah bidang tersebut dengan cepat.

Ingatlah jika motivasi anda tinggi, skill seseorang bisa bertambah seiring berjalannya waktu dari pengalaman yang didapatkan, sehingga menaikkan standar kompetensi.

4. Pertimbangkan penghasilan yang Akan Didapatkan.
Kami yakin selain tertuju pada syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika membaca iklan lowongan pekerjaan, anda juga pasti sangat fokus pada berapa penghasilan yang bisa anda dapatkan jika bekerja di perusahaan tersebut.

Barometer kesuksesan adalah uang, dan anda mempertimbangkan apakah income yang akan anda dapatkan sesuai dengan pekerjaan yang anda lakukan atau tidak. Jika tidak lebih baik melamar pada perusahaan lain yang jauh lebih mengerti kualitas dan imbalan harus berjalan dengan seimbang.

Semenarik apapun lowongan pekerjaan yang tertera pada iklan, jika income yang nantinya diperoleh kecil, tentu saja itu hanya akan merugikan anda. Jadi, cerdaslah ketika membuat keputusan pada poin keempat ini.

5. Pertimbangkan Biaya Hidup dan Jarak Tempuh Ke Tempat Kerja
Masih berkaitan dengan poin keempat, setelah anda yakin dari iklan yang anda baca, gajinya sepadan dengan pekerjaan yang harus anda lakukan untuk perusahaan, anda perlu memperhatikan berapa penghasilan bersih dalam sebulan yang akan anda peroleh.

Misalnya gaji anda tinggi, namun jarak ke tempat kerja cukup jauh sehingga bensin yang harus dihabiskan sangat buruk maka coba pikirkan kembali. Terus tambahkan juga dengan faktor lain seperti biaya makan juga biaya kontrakan jika tempat kerja anda tidak memungkinkan untuk anda pulang pergi setiap hari ke rumah.

Setelah mengurangi total gaji dengan biaya rutinitas sehari-hari, anda akan mendapatkan jawaban apakah total penghasilan bersih yang anda dapatkan sesuai dengan pengorbanan anda atau tidak. So, be smart!

Demikianlah di atas artikel mengenai beberapa contoh surat lamaran kerja berdasarkan iklan serta hal terkait lainnya yang perlu anda pertimbangkan sebelum mengirimkan lamaran kerja. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: